Kepulauan Indonesia

Cerita dari, untuk dan tentang Kepulauan Indonesia beserta Penghuni dan Penduduknya

Arena Olimpiade Ilmu Kebumian

International Earth Science Olympiad (IESO) atau Olimpiade Ilmu Kebumian Internasional adalah ajang kompetisi siswa pra-perguruan tinggi (sekolah menengah) untuk bidang ilmu kebumian yang pada prinsipnya meliputi geologi, geofisika, oseanografi, meteorologi dan astronomi. Kegiatan ini merupakan salah satu dari kegiatan utama International Geoscience Education Organization (IGEO).

Sekilas Sejarah IESO

Ide tentang IESO ini muncul dari beberapa ilmuwan kebumian Korea sebelum tahun 2003. Pada tahun 2003, Korean Earth Science Society (KESS) mengorganisir pelaksanaan the First Korean Earth Science Olympiad (1st KESO), yang kemudian berlanjut dengan yang ke-2 (2004) dan ke-tiga (2005).

Seiring dengan perkembangan itu, pada April 2003 IESO diterima sebagai salah satu kegiatan utama IEGO, dan Committee IESO dibentuk beranggotakan 11 orang termasuk ketuanya Moo Young Song. Pada Agustus 2004, tim manajemen International Year of Planet Earth (IYPE) setuju mendukung IESO sebagai salah satu aktifitas IYPE.

Pada Nopember 2004, diselenggarakan konferensi IESO di Seoul yang dihadiri oleh peserta dari sepuluh negara. Dalam konferensi itu dibicarakan kurikulum ilmu kebumian dan format IESO. IESO Committee dirubah menjadi IESO Advisory Committee. Status IESO selesai ditetapkan. IESO yang pertama siap dilaksanakan.

Pada tahun 2005, draf pertama silabus IESO terbentuk. Maret 2006, logo IESO disahkan. Tahun 2007, IESO pertama dilaksanakan di Korea.

Kegiatan IESO

IESO dilaksanakan setahun sekali sejak tahun 2007. Setelah IESO pertama di Korea (2007), IESO ke-2 dilaksanakan di Filipina (2008), IESO ke-3 di Taiwan (2009), IESO ke-4 di Indonesia (2010), IESO ke-5 di Italia (2011), IESO ke-6 di Argentina(2012), dan IESO ke-7 akan dilaksanakan tahun ini di India (2013).

Bila ingin mengetahui gambaran tentang pelaksanaan IESO yang telah lalu, maupun persiapan pelaksanaan IESO yang akan datang, silahkan masuk ke link berikut ini:

IESO ke-1 2007 di Korea, website lengkap. Website sudah tidak ada lagi pada akses tanggal 3 Maret 2013.

IESO ke-2 2008 di Filipina, website lengkap. Website masih dapat diakses pada tanggal 5 September 2013.

IESO ke-3 2009 di Taiwan, website lengkap. Website sudah tidak ada lagi pada akses tanggal 3 Maret 2013.

IESO ke-4 2010 di Indonesia, website hanya berisi daftar publikasi yang dapat didownload. Website sudah tidak ada lagi pada akses tanggal 3 Maret 2013. Terkait dengan pelaksanaan IESO setiap tahunnya, Indonesia telah memiliki tim yang diberi nama Tim Olimpiade Ilmu Kebumian Indonesia (TOIKI). Bila ingin tahu lebih jauh tentang TOIKI, silahkan kunjungi alamat ini.

IESO ke-5 2011 di Italia. IESO ke-5 di Italia telah terlaksana. Bila ingin mendapatkan gambaran lebih jauh tentang pelaksanaannya silahkan kunjungi website mereka. Di dalam website tersebut bisa kita ketahui antara hasil perolehan medali, silabus, dan soal-soal serta kegiatan IESO yang sebelumnya, sampai sebelum tahun 2012. Website ini terus di-update, khususnya bagian soal-soal sebelumnya.

IESO ke-6 2012 di Argentina. Semula IESO ke-6 akan dilaksanakan di Jepang, tetapi karena mendapat musibah tsunami kemudian mereka menarik diri. Kemudian Argentina setuju untuk menjadi tuan rumah IESO ke-6.

IESO ke-7 2013 di India. India adalah negara yang sangat antusias dalam mengikuti IESO. Gambaran tentang persiapan mereka dan keikutsertaan mereka selama ini dapat dilihat dalam link India ini. Website awal untuk IESO di India bisa dilihat di alamat ini, dan telah dibuat lagi website yang terbaru. Website dari India sangat lengkap, di dalamnya terdapat galery video maupun foto. Ada bulletin kegiatan. Soal-soal dari kegiatan sebelumnya dan soal-soal kegiatan di India juga ada. Ditampilkan juga perolehan medali serta nilai dari setiap negara. Rasanya website dari India ini adalah yang terlengkap dari negera yang menjadi tuan rumah IESO sebelumnya, lebih lengkap daripada Italia.

IESO ke-8 2014 di Spanyol. Semula direncanakan pelaksanaannya di Amerika Serikat; tetapi kemudian diganti dilaksanakan di Spanyol. Website dari Spanyol sangat lengkap, di dalamnya ada galery video dan foto dari berbagai kegiatan. Ada dokumen soal-soal (Sampai 2013), hasil perolehan medali dan nilainya dari setiap negara.

IESO ke-9 2015 di Brazil. Semula disebutkan akan dilaksanakan di Rusia; tetapi kemudian diganti akan dilaksanakan di Brazil. Rencananya IESO ke-9 ini akan dilaksanakan 13-20 September 2015 di kota Pocos de Caldas. Informasi tentang persiapan oleh panitia dapat di lihat di alamat ini: http://www.ifsuldeminas.edu.br/index.php/pt/noticias/3696-preparativos-ieso

IESO ke-10 2016 di Jepang. Setelah IESO yang ke-6 tidak jadi di laksanakan di Jepang, maka akhirnya tahun ini direncanakan dilaksanakan pada 20-28 Agustus 2016 di Mie, Jepang. Ini adalah alamat Situs IESO ke-10 2016 di Mie, Jepang.

Untuk tahun-tahun selanjutnya: 2017 (belum diketahui); 2018 di Thailand; 2019 di Republik Korea.

Demikian gambaran tentang arena IESO. Semoga bermanfaat.

Salam,

Wahyu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: