Kepulauan Indonesia

Cerita dari, untuk dan tentang Kepulauan Indonesia beserta Penghuni dan Penduduknya

Bisnis Online, Kejujuran dan Saling Percaya

Posted by wahyuancol pada November25, 2017

Perkembangan teknolologi telah memungkinkan orang untuk bertransaksi secara online. Dengan bisnis online, seseorang bisa bertransaksi dimanapun dia berada. Sebagai contoh, untuk berbelanja seseorang tidak harus keluar rumah untuk mendatangi toko dan melihat barang dan bertransaksi secara langsung, tetapi bisa dilakukan dari manapun dia berada. Barang-barang bisa dicari dengan mengunjungi situs-situs tertentu, bisa dilihat tampilan fisiknya, diketahui spesifikasi, kualitas dan harganya, dan pembayaran bisa dilakukan segera setelah barang ditemukan dan harganya dirasa cocok. Setelah pemesanan dan pembayaran dilakukan, kita tinggal menunggu kiriman barang dalam rentang waktu yang dijanjikan. Sederhana bukan?

Uraian di atas memberikan gambaran bahwa bertransaksi secara online sangat sederhana dan mudah. Pengalaman berbelanja yang demikian sederhana dan mudah ini saya gambarkan berdasarkan pengalaman pribadi dari beberapa kali melakukan belanja online. Tentu kemudian timbul pertanyaan, mengapa bisa sedemikian mudah dan sederhana?

Kejujuran dan saling percaya adalah kuncinya.

Bagi kita sebagai pembeli, ketika kita melihat barang yang ditawarkan, kita melihat fisiknya, membaca keterangannya, dan kemudian tentu membayangkan kualitasnya. Selanjutnya, kita percaya bahwa tampilan barang itu tidak menipu. Keterangan tentang barang itu juga tidak menipu. Juga, kita percaya bahwa setelah pembayaran kita lakukan barang segera dikirimkan.

Di pihak lain, bila kita sebagai penjual, ketika kita menawarkan barang secara online, maka disitulah kita dituntut untuk jujur. Kita dituntut untuk jujur tentang kualitas dan spesifikasi barang yang kita tawarkan. Kita dituntut untuk jujur dengan janji untuk segera melakukan pengiriman setelah mengetahui pembayaran telah dilakukan sesuai dengan harga barang.

Dalam sistem transasisi online, kejujuran dan saling percaya bisa membuat segalanya menjadi sangat sederhana dan mudah. Apabila tidak ada kejujuran dan saling percaya, maka transaksi online menjadi hal yang tidak menyenangkan. Bisa kita bayangkan betapa kecewanya kita selaku pembeli bila ternyata barang yang telah kita beli ternyata tidak sesuai kualitasnya dengan spesifikasi yang dijelaskan. Barang yang tidak sesuai itu mungkin tidak bisa dipakai sama sekali. Dengan kata lain, kita telah tertipu.

Komplain? Bisa kita lakukan, tetapi itu mungkin tidak mudah. Banyak waktu, tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan ketika melakukan komplain, apalagi bila barang yang dibeli itu dikirim dari tempat yang jauh. Bila keadaan seperti ini terus terjadi, maka belanja online menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya bila hal itu terjadi. Aktifitas transaksi akan berhenti.

Ilustrasi yang telah saya berikan itu memberikan gambaran bahwa di zaman dengan teknologi yang telah demikian maju ini, kejujuran dan saling percaya merupakan kunci penting bagi berkembangnya kehidupan manusia.

Salam,

WBS

Tinggalkan komentar