Kepulauan Indonesia

Cerita dari, untuk dan tentang Kepulauan Indonesia beserta Penghuni dan Penduduknya

Penulis

Saya, Wahyu Budi Setyawan, adalah seorang peneliti di Pusat Penelitian Oseanografi – LIPI yang berkedudukan di Ancol Timur, Jakarta Utara, Indonesia.

Lahir di Yogyakarta tahun 1961.

Pendidikan Formal:

  • S-2, Teknik Geologi, ITB Bandung, 1999
  • S-1, Teknik Geologi, UGM Yogyakarta, 1988
  • SMA, IPA, SMA Negeri 6, Yogyakarta, 1980
  • SMP, SMP Negeri 1, Banda Aceh, 1976
  • SD, SD Darussalam, Banda Aceh, 1973

Kursus:

  • Marine Protected Area Management, 2003, 10 hari, AMSAT, James Cook Univ., Townsville, Australia.
  • Media Skills Training, 2002, 1 hari, Cooperative Res. Cen. for Coastal Zone, Estuary and Waterway Management Australia, Bangkok.
  • Remote Sensing dan Sistem Informasi Geografi, 2000, 2 bulan, BAKOSURTANAL, Cibinong.
  • Integrated Coastal Management, 1993, 1 minggu, Masyarakat Uni Eropa – Univ. Pattimura, Ambon

Sejak tahun 1989 saya bekerja di Pusat Penelitian Oseanografi – LIPI. Antara tahun 1989 sampai 1999 saya ditempatkan di Ambon. Dan, sejak 1999 sampai sekarang di Jakarta (Ancol).

Pengetahuan tentang oseanografi atau kelautan saya dapatkan selama saya bekerja di lembaga penelitian kelautan tersebut.

Selain sebagai peneliti, sejak tahun 2005 juga menjadi  Dosen Luar Biasa untuk matakuliah Oseanografi di Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Universitas Trisakti Jakarta. Tetapi keadaan berkembang, sekarang saya juga diminta mengajar Geomorfologi, Geologi Laut, membimbing Kuliah Lapangan dan membimbing Pemetaan mahasiswa.

Melalui blog gratisan ini saya bermaksud berbagi pengetahuan, baik hasil pikiran saya sendiri maupun karya teman-teman saya – tentu saja dengan seizinnya. Harapannya adalah agar pengetahuan saya itu dapat bermanfaat bagi orang lain.

Salam,

Wahyu

Bila ingin berkomunikasi dengan saya, silahkan pakai alamat email berikut:

E-mail: wahyubudisetyawan@yahoo.com

Karya ilmiah saya dapat dilihat dan di download di alamat ini:

https://www.researchgate.net/profile/Wahyu_Setyawan4

25 Tanggapan to “Penulis”

  1. Tania Edna B said

    Pak Wahyu, kalo saya ingin mendapatkan data angin jam-jaman di beberapa kota di sekitar utara Jawa, selain di BMG, dimana lagi ya Pak?
    Makasih infonya

  2. wahyuancol said

    Saudara Tania, BMG adalah instansi yang paling berkompeten menyajikan data tersebut. Tidak ada institusi lain.
    Kalau ingin mendapatkan data angin jam-jaman, coba datang langsng ke stasiunnya. Saya tidak tahu di kota mana saja yang ada stasiun itu. Yang saya tahu di kota Tegal, ada. Sebaiknya ditanyakan saja ke BMG terdekat di kota mana saja yang ada stasiun meteorologinya.

    Salam,
    Wahyu

  3. nisa said

    pak wahyu, mungkinkah saya bisa menspasialkan banjir pasang (rob),maksudnya, apakah datanya memungkinkan? thanks b4

  4. nisa said

    pak wahyu, sebenarnya banjir pasang (rob) itu secara alamiah memang selalu mengalami perluasan? atau ada ada faktor yang telah mempercepat laju pertambahan luas genangan ? thanks b4

  5. nisa said

    pak wahyu, maaf ya, jadi bertanya lagi, di jurnal yang lain ( situs dalam negri) selalu dikemukakan kalau banjir pasang lebih disebabkan oleh faktor global sementara saya baca di laporan Sea Level Rise in the Coastal Waters of Washington State rata-rata faktor lokal justru berpengaruh meski tidak significant? mohon penjelasannya ya pak, terima kasih

  6. wahyuancol said

    Nisa, terima kasih banyak atas pertanyan-pertanyaannya. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu cukup panjang, sehingga saya posting sebagai judul artikel tersendiri.
    Mohon maaf bila saya terlambat menjawabnya. Karena sedang berada di lapangan ketika pertanyaan-pertanyaan itu diajukan.

    Salam,

    Wahyu

  7. rahmah said

    Pak Wahyu… thanx atas ilmux, dari blog bapak ini banyak manfaat yg diperoleh.

  8. wahyuancol said

    Bermanfaat. Inilah salah satu tujuan dari pembuatan blog ini. Trims, Rahmah.

  9. fhz. siahaan said

    p wahyu,
    apakah ada penelitian di indonesia yang meng-follow-up teori bencana toba (toba catastrophe theory) ? Banyak orang Indonesia yang tidak tahu, bahwa danau Toba caldera hasil ledakan gunung api terbesar sepanjang masa.

    fhz. siahaan

    • wahyuancol said

      Sdr. Fhz Siahaan, mohon maaf, saya tidak tahu persis tentang hal itu di Indonesia. Tetapi saya pernah menjumpai sebuah makalah yang membahas tentang penyebaran debu dari letusan yang menghasilkan Danau Toba itu. Saya dapat memaklumi bila banyak orang Indonesia tidak mengetahui sejarah danau Toba yang luar biasa itu. Karena, tentang hal itu umumnya hanya akan dibicarakan bila kita belajar Volkanologi dan topik yang terkait dengannya, terutama tentang bencana alam karena aktifitas gunungapi.
      Salam,
      Wahyu

  10. rudi said

    pak saya tanya lewat email, terima kasih atas

  11. habib said

    Pak,boleh minta penjelasan tentang rip current,bagaimana terjadinya dan sekaligus pantai-pantai yang berpotensi terhadap rip current.
    Terimakasih sebelumnya…

    • wahyuancol said

      Yth. Sdr. Habib,
      Mohon maaf saya belum dapat memenuhi permintaannya. Saya baru datang dari luar kota.
      Akan saya usahakan lusa sudah ada penjelasan tentamg rip current itu.

      Salam,
      Wahyu

    • wahyuancol said

      Yth. Sdr. Habib,
      Penjelasan tentang rip current yang anda tanyakan dapat dibaca pada posting berjudul Arus 1 (rip current).
      Semoga bermanfaat.

      Salam,
      Wahyu

  12. SR4Y4 LWat said

    Assalamu’alaikum
    Salam kenal mas Wahyu… Jangan lupa kapan2 berkunjung juga kesini baca artikel artikel Islam.

    wassalam

    • wahyuancol said

      Yth. Sdr/Sdri SR4Y4 LWat,

      Terima kasih anda telah mengunjungi blog saya. Salam kenal juga. Tetapi bagaimana saya bisa mengenal anda? Tidak ada satu identitas pun tentang anda yang anda sebutkan atau cantumkan di dalam comment atau blog anda. Saya telah mengunjungi blog anda. Sekilas saya perhatikan, rasanya semua Ok. Tetapi sayang, mengapa anda tidak mencantumkan identitas anda di dalam blog tersebut. Apabila anda yakin dengan apa yang anda cantumkan di dalam blog itu, mengapa mesti menyembungikan identitras diri.

      Salam,
      Wahyu

  13. W.Samad Daming said

    Assalamualaikum..

    Mohon ijin bkunjung di Blog-nya Pak.

    wssalammm

    -achil shamad-

  14. Wahyu Budi Setyawan. Aku akan ceritera kenapa aku bisa menemukan blog ini. Kemarin-kemarin aku buat blog di wordpress.com. Tujuan aku buat blog adalah untuk mengupload semua naskah kajian islam yang telah di berikan kepada karyawan di lingkungan aku kerja. Sehingga bila karyawan ingin mengkopi atau melihat-lihat kajian yang telah lewat tinggal buka diblog yang aku buat. Kemarin malam, iseng-iseng aku ingin lihat hasil blogku yang baru dengan ponsel. Aku cari di google aku ketik triprasojotegal, yang keluar nama ku dengan penjelasan

    namce8081.wordpress.com/tag/tegal/
    21 Des 2009 – Di Tegal, kami menginap di rumah Mas Pras (Tri Prasojo, kenalan keluarga Aris yang sangat akrab) di Jalan Serayu 3 Tegal. Ketiga itu Mas …

    Karena di sebut-sebut nama ku, aku jadi penasaran, siapa yang menulis ?. Karena posisiku ada di luar rumah dan hari tengah malam, aku tangguhkan dulu. Besoknya aku buka lagi dan ternyata tertera nama Wahyu Budi Setyawan. Aku coba membuka memori otakku yang sudah 30 tahun lebih tentang Wahyu Budi Setyawan.

    Pertemuan Pertama Dengan Wahyu Budi Setyawan di Tegal

    Aku akrab dengan Aris Putranto, kalau tidak salah anak Pak Samidjo. Dulu Pak Samidjo pernah tinggal di depan rumahku di Jl Serayu 9 Tegal (bukan serayu 3 yang di tulis Wahyu, memang kalau di urut dari jalan Pantura, jalan utama yang menghubungkan Jakarta- Surabaya, maka letak lota Tegal berada di Tegah-tengah yamg terletak di pantai utara jawa tengah. Tegal juga kota yang menghungkan kota pelabuhan alam Cilacap, sebuah kota yang terkenal dengan Kota Pertamina . Bila ditarik garis dari Jakarta ke Surabaya , maka Tegal berada di tengah garis tsb, dan bila dari Tegal di tarik garis ke bawah sampai ke kota Cilacap, maka akan membentuk huruf T. Dengan demikian kota Tegal adalah kota poros tengah.. Kalau istilah keren nya Tegal terletak di segitiga Emas kota besar. Sehingga kota Tegal adalah sebuah kota trasnsit, kota yang hidup ini terbukti dengan banyaknya kantor perbankan dan banyaknya hotel.)

    Kembali ke laptop…. Pak Samidjo bapaknya Aris Putranto dulu sama Ayah dan Ibuku sangat akrab, otomatis aku dan Aris juga akrab. Aris pada waktu itu mengabari aku, bahwa teman-temannya yang berjumlah 5 orang (?) akan melakukan perjalanan dari Yogya ke Tegal dengan jalan kaki. Seiingat saya anank-anak tsb, Aris Putranto, Wahyu Budi Setyawan, Siswanto, Jazim dan Koes. Waktu itu aku nunggu di jalan pantura, ketemua Arus dan Koes yang datang kemudiaan di susul dengan ketiga teman yang lain. Aku ingat ada yang sakit sehingga perjalanan di lankutkan dengan naik bis.
    Keren sekali….lima pendekar dari Yogya berjalan kaki ke Tegal. Tentunya lebih banyak pengalaman hidup waktu yang terekam dalam jiwa. Kelima pendekar tsb, aku terima dengan kedua tangan terbuka lebar ( welcome). Waktu itu lima pendekar berceritera sepanjang perjalanan dari Yogya – Tegal, sambil makan gorengan dan air teh panas, teh tegal yang rasanya wangi, buket, manis kental atau wasgitel. Aku hanya bisa mendengarkan ceriteranya lima pendekar tsb. Ada yang ketemu monyet di Alas Roban, untung tidak ketemu sama Jin penghuni alas Roban….wkwkwkwk.

    Setelah melepaskan lelah kelima pendekar tsb, ingin meneruskan perjalanannya dengan melakukan camping di lereng gunung Slamet, aku di jadikan guide. Pagi-pagi sekali, kami berlima dengan kendaraan umum berangkat ke lereng Gunung Slamet yang kami tuju adalah Bumi Jawa paling atas. Untuk bisa kearah sana, berganti-ganti angkot. Akhirnya sampai di lereng Gunung Slemet, dan kami semua berkemah di hutan pinus. Aku masih ingat, tenda kita di datengi ular, yang bicara Wahyu (?). Kami sempat menginap hanya semalam,. Pagi-pagi kami sudah bangun, kicau burung di atas pohon pinus terdengar merdu, rumput dan dedaunan basah terkena embun pagi. Udara segar menelusup ke dada, aku rasakan begitu nikmat menghirupnya. Tenda kami bongkar pagi itu, dan kami di datangi polisi hutan, kami ngobrol sebentar, dan polisi tsb menyarankan bila nanti akan camping lagi sebaiknya melapor dulu ke kepolisian hutan, menjaga bila ada sesuatu yang tidak di inginkan maka bisa segera di ketahui.
    Para pendekar aku ajak jalan-jalan sekitar lereng gunung slamet. Waktu perjalanan pulang ke Tegal. Kami bertemu dengan rombongan pencinta Alam dari Jalarta, Depok (?). Aku lupa jumlah rombongannya yang aku tahu lebih dari dua orang. Mereka baru saja mendaki Gunung Slamet dari arah selatan dan turun kearah Bumi Jawa. Kami kenalan dengan saling tulis alamat dan bahkan aku minta Bad kelompok mereka yang bergambar gunung dan kompas. Mereka minta juga bad yang dari kita, supaya di kirim. Bad tsb aku tempel dan di jahit di kaos. Aku mau kirim balasan bad, aku tidak punya. Aku tidak pernah kirim bad balasan. Mudah-mudahan memaafkan dan memakluminya. Akhirnya aku dan kelima pendekar pulang ke Tegal besoknya kelima pendekar pulang ke Yogya dengan kendaraan umum.

    Pertemuan Kedua Dengan Wahyu Budi Setyawan Di Bandung

    Kelima pendekat pejalan kaki dari yogya yang masih aktiv kominikasi dengan aku adalah Aris Putranto dan Wahyu. Jaman dulu alat komunikasi yang murah adalah surat menyurat dengan pos. Pernah Wahyu kirim surat dan foto lewat sekolahku SMA Pius Tegal. Sekolah ku sangat disiplin sekali, setiap surat yang dikirim lewat sekolah di buka dulu dan di baca kepala sekolahnya.. Waktu itu surat yang dari Wahyu sudah di buka tapi fotonya masih ada. Fotonya Wahyu hitam putih waktu SMA rambutnya gondrong sampai pundak
    Persahabatan aku dengan Wahyu berlanjut hingga aku kuliah di Kota Bandung. Aku masih kirim surat bahkan aku sering kirim foto postcard lewat pos, post card tsb bergambar, pemandangan gunung tangkuban perahu, ada juga gambar gedung sate Bandung. Korespondensi dengan Wahyu terus berlanjut, sampai Wahyu di terima di UGM fakultas Geologi lewat ujian SKALU. Aku sempat minta informasi juga untuk bisa lulius SKALU, belajarnya pakai buku apa ?. Wahyu memberikan jawaban, belajar mengerjakan soal ujian skalu terbitan Yudhistira.
    Sampai akhirnya Wahyu berkunjung ke tempatku di Bandung. Aku dan Omku jemput Wahyu di station kereta Api Kebon Kawung Bandung. Akhirnya aku dan Wahyu ketemu lagi di Bandung sore itu dalam kedaan hujan rintik.
    Besoknya Wahyu mengajak ke Guning Tangkuban Perahu. Pagi-pagi kami berdua dengan agkutan kota pergi ke Gunung Tangkuban Perahu. Kami berjalan ke kawahnya, dan menelururi jalan setapak. Pulangnya jalan menuju terminal angkutan kota. Sepanjang jalan banyak penjual makanan jagung rebus dan Nanas. Untuk mengisi perut yang lapar makan makan jagung rebus panas di udara yang dingin, dan mencicipi nanas. Aku ingat Wahyu waktu mengupas nanas hanya dengan pisau cutter. Besoknya Wahyu pulang le Yogya.

    Setelah itu aku tidak ketemu Wahyu lagi, kabarpun tidak ada. Kami disibukkan urusan dunia masing-masing.

    ARIS PUTRANTO Putra Pak Samidjo, Ada dimana kamu sekarang ?
    WAHYU BUDI SETYAWAN, kamu ada dimana ?
    SISWANTO, kamu ada dimana ?
    JAZIM, kamu ada dimana ?
    KOES, kamu ada dimana .

    Wahai lima pendekar pejalan kaki dari Yogya, kamu-kamu ada dimana semua ?. Anak mu sudah berapa ? Jangan putus tali silaturahim. Kalau kamu semua ada waktu dan atau kebetulan lewat kota Tegal. Mampir ya…ke rumahku yang di Tegal. Kita bernostalgia ceritera tempo dulu, sambil minum teh panas, makan tahu banjaran, makan pilus, kacang, makan lengko, makan kupat glabed, kalau mau dan msih kuat makan sate kambing Tegal. Bila slah satu di antara kalian ada yang membaca ini bisa, sampaikan salam buat mereka : SALAM DARI KOTA TEGAL DARI KU.

    Maaf saya ikut nulis di sini, walau aku bukan alumni SMA 6 Yogya, tapi aku salah satu teman dari alumninya. Maaf dan terimakasih.

    Tegal 28 Juni 2012

    Tri Prasojo
    HP Ku 081 845 0685

    • wahyuancol said

      Mas Pras, saya sangat senang mendapatkan kabar ini. Sudah lama saya berharap kita dapat bertemu, tapi tidak tahu harus mencari kemana.Semoga pertemuan di dunia maya ini membuka kembali hubungan silaturahmi kita yang sempat lama terputus.
      Saya sering lewat di Tegal untuk berbagai keperluan, bahkan kadang beberapa tahun yang lalu sempat lebih dari seminggu di Tegal dan Brebes.Setiap kali lewat pantura saya selalu menoleh ke jalan Serayu berharap ada yang saya kenal muncul di depan jalan itu.
      Banyak cerita yang dapat diceritakan, tapi lewat email saja ya.

      Salam,
      Wahyu

      • Alhamdulillah akhirnya teman lama yang sudah hampir 30 tahun lebih tidak ketemu bisa ketemu di dunia maya. Subhanallah…. Aku pengin mendengar ceritera semua teman-teman yang dulu hicking dan camping bersama. Semoga lewat blog ini bisa menyambung tali silaturahmi yang sudah terputus….salam.

    • wahyuancol said

      Mas Pras, sudah lama kita tidak saling berkirim kabar. Semoga ada kesempatan anda membaca pesan ini.
      Tadi sore saya ditelpon oleh Jazim. Dia sekarang di Sragen.

      Salam,
      Wahyu

  15. Dani said

    halo pak wahyu…
    Perkenalkan nama saya, dani.
    Kalau melihat pengalaman kerja bapak, menunjukan bapak pernah bekerja di LIPI Ambon sampai tahun 1999.
    Saya ingin bertanya, apakah bapak mengenal teman sekolah saya, namanya Mikstry (kalo ga salah ingat ya pak)? Bapaknya jg pegawai LIPI hingga thn 99. Tinggal di rumdin LIPI.
    Sejak kerusuhan itu sampai sekarang, saya hilang kontak dengan teman baik saya itu..
    Kalau bapak mengenalnya, bolehkah saya mendapatkan info tentang keberadaannya?
    Terima kasih…

    • wahyuancol said

      Sdr. Dani, anda benar mengenai Mikstry.
      Memang saya dan bapaknya dahulu berteman, dan kami sama-sama pindah ke Jakarta.
      Tetapi sayang sekali, sudah lama saya tidak mengetahui kabarnya sejak Bapaknya meninggal dunia sekitar 10 tahun yang lalu.

      Salam,
      Wahyu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: