Kepulauan Indonesia

Cerita dari, untuk dan tentang Kepulauan Indonesia beserta Penghuni dan Penduduknya

4th IESO, Yogyakarta, Indonesia 2010

Pada Tahun 2010, Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan Olimpide Ilmu Kebumian Internasional yang ke-4 (4th International Earth Science Olympiad).

Olimpiade telah diselenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 19 – 28 September 2010.

Kegiatan ini dimotori oleh IGEO (International Geoscience Education Organization), yaitu suatu organisasi internasional dengan anggota para pendidik/organisasi/institusi pendidikan ilmu kebumian di seluruh dunia, baik untuk tingkat pra-perguruan tinggi maupun perguruan tinggi. Organisasi ini dibentuk untuk mendorong terciptanya pendidikan ilmu kebumian yang berdasarkan pemahaman yang benar akan proses-proses alami bumi sebagai suatu sistem di seluruh dunia. Universitas Gadjah Mada menjadi representative  yang mewakili Indonesia dalam IGEO.

International Earth Science Olympiad (IESO) atau Olimpiade Ilmu Kebumian Internasional adalah ajang kompetisi siswa pra-perguruan tinggi (sekolah menengah) untuk bidang ilmu kebumian yang pada prinsipnya meliputi geologi, geofisika, oseanografi, meteorologi dan astronomi. IESO yang pertama diselenggarakan di Daegu, Korea Selatan tahun 2007; IESO yang ke-2 di Manila dan Bicol, Filipina tahun 2008; IESO yang ke-3 di Taiwan tahun 2009.

Indonesia secara aktif berpartisipasi pada kegiatan IESO dengan mengirimkan delegasi. Pada IESO pertama, Indonesia membawa pulang 4 medali perunggu, dan pada IESO ke-3 membawa pulang 1 perak dan 2 perunggu. Pada IESO ke-2 Indonesia tidak mengirimkan delegasi.

Tema IESO ke-4 adalah “The Present is The Key ti The Future”.

Tujuan Umum: mengangkat nama bangsa dan negara Indonesia di dunia Internasional khususnya dalam bidang pendidikan

Tujuan khusus:

  1. Memberikan sarana untuk peningkatan mutu pendidikan khususnya dalam pendidikan sains kebumian di Indonesia.
  2. Meningkatkan prestasi pelajar Indonesia di ajang kompetisi tingkat dunia.
  3. Meningkatkan motivasi dan minat pelajar untuk mempelajari dan mencintai sains pada umumnya dan ilmu kebumian pada khususnya.
  4. Meningkatkan motivasi dan menambah wawasan guru dalam pengajaran sains.

Website: www.ieso2010.ugm.ac.id. Sayangnya sekarang website ini sudah tidak ada lagi.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Wahyu

2 Tanggapan to “4th IESO, Yogyakarta, Indonesia 2010”

  1. Hot rudi Siregar said

    Salam saudara Wahyu,…….
    Posisi dimana sekarang……..dari penulisan tentang Bintuni… kita diskusi bisa kah…
    Tks.

    • wahyuancol said

      Yth. Pak Rudi,
      Saya sekarang berada di Jakarta. Tentang Bintuni, sudah lama sekali saya ke sana dan saya tidak tahu pekembangan terakhir. Meskipun demikian, bila ingin mendiskusikan sesuatu, silahkan. Apabila nanti ada yang tidak saya ketahui, akan saya mintakan bantuan dari teman-teman untuk mencari in formasinya.
      Salam,
      Wahyu

Tinggalkan komentar