Kepulauan Indonesia

Cerita dari, untuk dan tentang Kepulauan Indonesia beserta Penghuni dan Penduduknya

Erupsi Merapi 2010 2 (Waspadai Aliran Lahar Liar dari Kali Gendol)

Posted by wahyuancol pada November6, 2010

Saluran Kali Gendol Penuh

Dari Kompas.com sore ini, Sabtu 6 Nopember 2010, saya membaca berita (disertai foto lapangan) tentang penuhnya saluran aliran Kali Gendol di Dusun Bonggang, Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Di bawah ini adalah kutipan berita tersebut.

——————————————

Hulu Sungai Gendol di wilayah atas Cangkringan, Sleman, yang berjarak sekitar 5 km dari puncak Merapi, berubah menjadi gunungan setelah tertimbun material vulkanik yang dimuntahkan Merapi pada Kamis (4/11/2010) malam.

“Sebelum terimbun, sungai ini lebar dan dalam, kira-kira sedalam 30 meter. Seperti jurang kalau dilihat dari tepi sungai,” kata Suwarjo (42), penduduk setempat, yang meninggalkan lokasi pengungsian untuk menengok rumahnya.

Ketika Antara mendatangi lokasi pada Sabtu (6/11/2010) siang dan menyaksikan hulu sungai itu dari jarak 5 meter, Suwarjo berteriak untuk memperingatkan bahwa material itu masih mengandung bara.

Bagi orang luar, bukan penduduk Cangkringan, fenomena sungai Gendol itu mencengangkan. Tak ada tanda-tanda sama sekali bahwa di bawah ribuan ton lahar itu ada sebuah sungai sedalam jurang. Aroma belerang yang menyengat tercium di kawasan berbahaya ini.

Sumber:

http://regional.kompas.com/read/2010/11/06/17181462/Aneh.Bin.Ajaib..Padi.Tak.Tersentuh.Lahar-5

———————————–

Aliran Lahar Liar

Penuhnya alur Kali Gendol tersebut membuat alur aliran sungai tersebut kehilangan kemampuan untuk membatasi atau mengendalikan arah aliran lahar bila terjadi aliran lahar datang dari hulu sungai tersebut. Keadaan tersebut sangat berbahaya, karena bila benar-benar terjadi aliran lahar, maka aliran lahar yang melewati lokasi yang penuh itu dapat menjadi liar tak terarah karena kehilangan salurannya. Aliran lahar (bila terjadi) dapat mengalir ke mana-mana atau meluber ke mana-mana.

Penutup

Aliran Kali Gendol agar diwaspadai. Perhatikan juga fenomena yang sama di sungai-sungai yang lain.

Salam,

WBS

Artikel terkait: Lahar

3 Tanggapan to “Erupsi Merapi 2010 2 (Waspadai Aliran Lahar Liar dari Kali Gendol)”

  1. Aca said

    bapak… hasil dari subduksi tu apa aja too???

    • wahyuancol said

      Subduksi menyebabkan:
      1. Melelehnya kerak bumi menjadi magma. Kalau magma ini naik ke permukaan bumi dan keluar, maka terjadi gunungapi. Di Kepulauan Indonesia, fenomena ini tampak sebagai deretan gunungapi seperti di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa dan Nusa tenggara.
      2. Karena subduksi, kerak bumi tertekan dan menimbulkan retakan dan patahan. Terjadinya patahan itu yang menyebabkan terjadinya gempa bumi.

      Ini dulu saja ya!
      Bapak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: