Kepulauan Indonesia

Cerita dari, untuk dan tentang Kepulauan Indonesia beserta Penghuni dan Penduduknya

Karakter Orang Indonesia 01: Di mata Sri Mulyani Indrawati

Posted by wahyuancol pada Oktober21, 2009

Bagaimana karakter orang Indonesia?

Berikut ini adalah pandangan Ibu Sri Mulyani Idrawati yang saya kutip dari hasil wawancaranya dengan majalah Intisari di Kantor Menko Perekonomian yang dipublikasikan bulan September 2009. Ketika itu, beliau masih menjabat sebagai Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia dan Menteri Keuangan RI.

—————

Orang Indonesia mudah disentuh, mudah dimotivasi, tapi lemah dalam delivery. Jadi niat itu gampang, tapi menghitungnya secara cermat, melaksanakan setiap tahap dengan seluruh upaya, mengambil resikonya, bahkan berkorban untuk itu, Indonesia lemah.

Mengapa?

Karena selama ini orang Indonesia dibesarkan oleh pendidikan yang tidak menghargai proses. Negara ini sangat didominasi oleh hasil. karena itu negara ini belum mampu menjadi negara industri. Satu dua jenius ada, tapi mereka membutuhkan sistem pendukung yang diisi oleh orang-orang yang berdedikasi terhadap proses. Makanya, reformasi saya (di Dep Keu) bukan untuk kelihatan keren di depan. Tapi lebih pada mengubah pola pikir.

—————-

Demikian pandangan ibu Sri Mulyani tentang orang Indonesia dan bangsa Indonesia.

Oh ya, majalah Intisari yang saya baca itu saya peroleh secara gratis di arena Seminar Internasional Disaster: Theory, Research and Policy di Sekolah Paska Sarjana UGM yang diselenggarakan 20-22 Oktober 2009.

Salam,

Wahyu

Mau tahu Karakter Orang Indonesia sekitar 35 tahun yang lalu? KOI 02

3 Tanggapan to “Karakter Orang Indonesia 01: Di mata Sri Mulyani Indrawati”

  1. refnedi said

    saya sepakat apa yg menjadi pernyataan ibu srimulyani ,kalau boleh saya tambahkan menurut saya yg lebih penting adalah keinginan yg kuat dari pemerintah dan masyarakat untuk terus mengusahakan perbaikan pada bidang pendidikan yg tentunya kita harus menciptakan sumber daya manusia yg bergerak pada bidang pendidikan dan juga tentunya pemerintah lebih memberikan dana yg lebih pada bidang pendidikan yg tentunya dan sepenuhnya dimanfaatkan dana tersebut terserap tepat dan benar…?

  2. bilhasryramadhony said

    pada dasarnya masyarakat indonesia pada saat ini sudah mulai mengarah kepada kaum materialistis yang mau serba instan, hal inilah yang kemudian membawa bangsa kita semakin terpuruk pada berbagai krisis yang ada

  3. Feri Dafita said

    Feri berkata,

    bagaimana orang Indonesia mau belajar melalui proses kalau kultur yang ditawarkan saat ini selalu yang serba ‘instant’. dari mie instant untuk masyarakat umum sampai ke fast food untuk kaum menengah keatas. Dari budaya makan ke budaya kerja, semua ingin serba cepat, tanpa proses tapi hasilnya sudah ditangan duluan.kasihan bangsa kita, tapi seharusnya orang se qualified ibu Sri Mulyani tidak malah buru-buru pergi meninggalkan bangsanya yang masih childish, didiklah mereka dulu agar mereka menjadi lebih berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: