Kepulauan Indonesia

Cerita dari, untuk dan tentang Kepulauan Indonesia beserta Penghuni dan Penduduknya

Konglomerat

Posted by wahyuancol pada Juli7, 2009

Dalam ilmu geologi, khususnya petrologi, konglomerat (conglomerate) adalah batuan sedimen yang mengandung butiran membulat yang berdiameter lebih dari 2 mm. Apabila butirannya berbentuk menyudut (angular) maka disebut breksi (breccia).

Di dalam konglomerat atau breksi, dikenal adanya fragmen (diameter butiran lebih besar dari 2 mm) dan matriks (diameter butiran lebih kecil dari 2 mm).

Bila jumlah matriks kurang dari 15%, maka butiran atau fragmen konglomerat akan saling bersentuhan. Konglomerat ini disebut dengan clasts-supported conglomerates, atau disebut juga ortokonglomerat (orthoconglomerates).

Bila konglomerat mengandung matriks sebanyak 15% atau lebih, kadang kala mencapai 80%, maka butiran atau fragmen konglomerat akan “mengapung” di dalam matriks. Konglomerat ini disebut dengan matrix-supported conglomerates, atau disebut juga diamiktit (diamictites).

Semoga bermanfaat.

Satu Tanggapan to “Konglomerat”

  1. BM said

    Pak Wahyu bisa aja nih. Tapi memang yang “bermain” geologi (pertambangan) dan petrologi (perminyakan) adalah atau akhirnya menjadi konglomerat. Ada hubungannya ? Atau memang derivatifnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: