Kepulauan Indonesia

Cerita dari, untuk dan tentang Kepulauan Indonesia beserta Penghuni dan Penduduknya

8 Feb 2009, Minggu, Banjir Pasang Surut Melanda Jakarta

Posted by wahyuancol pada Februari8, 2009

Hari ini, Minggu tanggal 8 Febuari 2009 Jakarta bagian utara kembali dilanda banjir pasang surut. Air mulai naik sejak jam 8 pagi. Jam 9 air sudah melanda jalan masuk ke Ancol bagian timur. Jam 10 air mulai menjamah lapangan parkir Komplek Balai Samudera Ancol. Jam 10.45 lapangan parkir itu sudah tergenang air laut. Air mengalir deras masuk dan naik melalui saluran-saluran air yang terhubung ke laut di pantai Ancol.

Sementara air bergerak naik, pagi ini di Ancol berawan, udara hangat. Di bagian selatan jakarta tampak mendung menebal. Pada jam 10.55, mendung kelabu mulai tampak menebal di atas langit Ancol.

Kalender hari ini mununjukkan tanggal 8 Febuari 2009 bertepatan dengan tanggal 12 hari bulan. Bulan purnama masih akan 3 hari lagi dan jatuh pada hari Rabu tanggal 11 Febuari 2009. Ini berarti bahwa akan terjadi banjir pasang surut yang lebih tinggi, yang terus meningkat ketinggiannya mulai hari ini, dan akan mencapai puncaknya pada Rabu tanggal 11 Febuari 2009.

Berkaitan dengan kemungkinan tersebut, kita berharap bahwa pada 3 hari kedepan hujan yang deras dan lama tidak turun di Bogor atau Jakarta. Apabila hujan itu terjadi, maka banjir pasang surut akan diperhebat oleh suplai air hujan.

Dengan terjadinya banjir pasang surut kali ini, berarti telah terjadi banjir pasang surut dalam dua purnama yang berurutan. Apakah ini berarti bahwa banjir pasang surut pasti terjadi di bagian utara Jakarta di setiap purnama? Kita masih perlu mengamatinya di waktu-waktu mendatang. Apabila benar bahwa setiap purnama banjir pasang surut melanda Jakarta, maka satu hal yang pasti bahwa subsiden telah terjadi di Jakarta dalam skala yang lebih hebat dari sebelumnya.

Apa yang perlu dilakukan sampai hari rabu nanti?

Untuk yang tinggal di daerah banjir, bersiap-siaplah dengan memindahkan barang-barang berharga anda ke tempat yang lebih tinggi.

Untuk yang tinggal di bagian kota yang lain, hindari berurusan ke bagian utara Jakarta, karena banjir dapat menyebabkan kemacetan dan mungkin anda terjebak di dalamnya.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Wahyu

Satu Tanggapan to “8 Feb 2009, Minggu, Banjir Pasang Surut Melanda Jakarta”

  1. Singal said

    Salah satu kondisi yang selalu menjadi masalah dan tak pernah bisa diselesaikan pemerintah adalah pengendalian Banjir, jalan macet dan penuh lobang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: