Kepulauan Indonesia

Cerita dari, untuk dan tentang Kepulauan Indonesia beserta Penghuni dan Penduduknya

Kepulauan Indonesia

File:Indonesia (orthographic projection).svg

Kepulauan Indonesia

(Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Indonesia_(orthographic_projection).svg )

Kepuauan Indonesia terletak pada posisi silang, terletak diantara dua benua, Benua Asia dan Australia; dan diantara dua samudera, Samudera Hindia dan Indonesia. Kesadaran itu telah ditanamkan sejak awal ketika duduk di bangku sekolah. Biasanya, setelah itu diterangkan makna dari posisi silang itu. Makna geopolitik posisi silang Indonesia itu dijelaskan oleh Fajar seperti di bawah ini:

1. Politik: Indonesia berada diantara dua sistem politik yang berbeda, yaitu demokrasi Australia dan demokrasi Asia Selatan;

2. Ekonomi: Indonesia berada di antara sistem ekonomi liberal Australia dan sistem ekonomi sentral Asia;

3. Ideologis: Indonesia berada diantara ideologi kapitalisme di Selatan dan komunis di sebelah utara;

4. Sistem Pertahanan: Indonesia berada diantara sistem pertahanan maritim di selatan, dan sistem pertahanan kontinental di utara.

Di dalam situs e-dukasi.net, terkait posisi silang Keulauan Indonesia, dijelaskan secara singkat bahwa posisi itu memiliki arti penting terkait dengan iklim dan perekonomian. Setelah itu, secara singkat juga dijelaskan letak geologis Kepulauan Indonesia. Sayangnya  penjelasannya sangat minimal.

———————-

Di dalam blog ini, kita akan mencoba melihat sisi lain makna dari posisi silang Kepulauan Indonesia yang dilihat dari aspek kelautan, baik potensinya sebagai sumberdaya maupun sebagai sumber bencana serta berbagai proses alam lainnya yang berkaitan dengan posisi silang tersebut.

Secara garis besar dapat kita sebutkan hal-hal berikut:

  1. Berkaitan dengan posisi Kepulauan Indonesia yang terletak di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, maka:
    • Kita mengenal adanya Arus Lintas Indonesia (Arlindo, Indonesian Through Flow).
    • Kita mengenal adanya Coral Triangle yang pusatnya di kawasan timur Indonesia.
  2. Berkaitan dengan posisi Kepulauan Indonesia yang terletak di antara Benua Australia dan Benua Asia, maka kita mengalami perubahan musim:
    • Berkaitan dengan angin, secara umum di Indonesia kita mengenal Musim Angin Barat dan Musim Angin Timur.
    • Berkaitan dengan hujan, secara umum di Indonesia kita mengenal adanya Musim Hujan dan Musim Kemarau.
    • Berkaitan dengan keanekaragaman sumberdaya hayati di darat, kita mengenal adanya Garis Wallace.
    • Berbagai macam bencana alam di Indonesia berkaitan dengan posisi yang diapit dua benua ini. Seperti:
      • Bencana alam karena pukulan gelombang laut ke pantai atau gelombang tinggi berkaitan dengan musim angin.
      • Bencana alam banjir dan tanah longsor berkaitan dengan kehadiran Musim Hujan.
      • Bencana alam kekeringan dan kebakaran hutan serta kebakaran di perkotaan berkaitan dengan kehadiran Musim kemarau.

———————

Bagaimana bila Kepulauan Indonesia kita lihat dari sudut pandang Tektonik Dunia?

Dari sudut pandang tektonik dunia, Kepulauan Indonesia merupakan hasil interaksi dari tiga lempeng kerak Bumi yang utama, yaitu Lempeng Asia, Lempeng Samudera Hindia-Australia dan Lempeng Samudera Pasifik. Kondisi tersebut memberikan Kepulauan Indonesia sumberdaya alam yang beraneka ragam, dan demikian pula dengan sumber bencananya, tidak kalah variasinya.

Interaksi subduksi antar lempeng menyebabkan Kepulauan Indonesia kaya akan gunungapi dan sering mengalami guncangan gempa.

Interaksi antar lempeng kerak bumi menyebabkan di Kepulauan Indonesia banyak cekungan sedimentasi yang di dalamnya banyak terbentuk batubara, minyak dan gas bumi. Selain itu, aktifitas magmatis yang berasosiasi dengan sistem subduksi antar lempeng menyebabkan di  Kepulauan Indonesia banyak terjadi mineralisasi (pembentukan endapan mineral). Tambang-tambang tembaga, nikel, dan emas di Kepulauan Indonesia merupakan konsekuensi logis dari hadirnya sistem subduksi kerak bumi di Kepulauan Indonesia.

———————-

Wawasan Kebangsaan:

  1. Apa arti “Indonesia?”

Terkait dengan bencana:

  1. Bencana terjadi bersiklus.

Terkait dengan sumberdaya:

  1. Memiliki sumberdaya hayati yang unik.

41 Tanggapan to “Kepulauan Indonesia”

  1. whateva berkata

    tolong tuliskan dampak positif dan negatif dari posisi silang tersebut.

  2. yonni1967 berkata

    Terima kasih informasi KWN nya. File ini buat tugas makalah dosen saya.

  3. Kiki rizli aulia berkata

    Tolong bantU saya.
    1.apa langkah dan seorang mahasiswa sbg warga negara mencermati keberadaan nusantara berada d antara 2 benua dan 2 samudra
    2.apa langkah mahasiswa apabila ada sekelompok org mengatakan bhw aku senang kalau melintasi wilayah perairan & udara sbgaimana djelaskan d atas.
    Tolong bantU saya untk menjawab pertanyaan ini,sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

  4. Kiki rizli aulia berkata

    Maaf,
    SebelumNya saya ingin bertanya dr pertanyaan k2 itu,
    Apa alasan sekelompok org it mengatakan bhw aku senang kalau melintasi wil.perairan & udara it,

  5. wahyuancol berkata

    Saudara Kiki Rizli Aulia, terima kasih atas pertanyaan-pertanyaannya. Namun, tolong pertanyaan yang diajukan diperjelas. Apa yang dimaksud dengan “apa langkah” yang ada di awal pertanyaan tersebut?

    Kemudian untuk pertanyaan yang ke tiga, jawabannya yang tepat tentu harus ditanyakan sendiri pada orang yang mengatakan “aku senang kalau melintasi wilayah perairan dan udara itu.”

    Salam,
    Wahyu

  6. sugianto berkata

    Indonesia dengan jumlah pulau yang lebih dari 17.000 (17.504 pulau data TNI AL), dengan komposisi pulau besar,pulau keil,pulau perbatasan, pulau terluar saat ini pengelolaannya masih belum optimal dan focus terutama terhadap pulau-kecil yang terpencil. Untuk itu dibutuhkan kebijakan dengan komitmen yang jelas untuk pemerataan pembangunan yang berkeadilan, agar terjadi pemerataan pembangunan yang dapat dirasakan langsung oleh rakyat di pulau-pulau kecil tersebut dan yang paling penting kepedulian dan konsistensi krena swemua itu demi rasa nasionalisme.

  7. vany primaliraning berkata

    1. apakah dampak negatif dan positif dengan keadaan posisi silang tersebut
    2. adakah pengaruh yang signifikan terhadap penyelenggaraan hukum, konstitusi serta aparat hukum di indonesia?
    3. negara apa saja yang pernah mengalami kemerosotan bentuk negara dan sistem pemerintahan?

    • wahyuancol berkata

      Vany Yth.
      Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Satu harapan saya, semoga bermanfaat.

      Tentang dampak negatif dan positif dari posisi silang Kepulauan Indonesia saya kira tergantung dari kemampuan kita menyikapi kondisi yang ada yang keberadaannya berkaitan dengan posisi tersebut. Karena itu, apa yang dipandang sebagai dampak negatif atau positif adalah sangat relatif dan subjektif. Sebagai contoh, adanya musim angin barat dan timur yang berlaku di kepulauan Indonesia. Kita akan memandang perubahan musim itu sebagai negatif atau positif tergantung pad kemampuan kita menanggapinya.

      Untuk pertanyaan yang kedua, saya belum bisa menjawabnya. Saya tidak memiliki pengetahuan ilmu hukum yang memadai. Mungkin ada pengunjung lain yang dapat membantu saya menjawab pertanyaan ini.

      Tentang bentuk negara atau sistem pemerintahan, saya belum mengerti apa yang anda maksud dengan kemerosotan itu. Apakah yang anda maksud dengan kemerosotan itu adalah perubahan? Kalau itu yang dimaksudkan, maka hal itu bersifat subjektif dan tergantung sudut pandang yang memandangnya.

      Salam,
      Wahyu

  8. Yana berkata

    Ilmu yang saya punya tentang informasi letak indonesia dari segala posisi, memang tidak terlalu banyak. Menurut saya pendapat yang anda berikan ada benarnya. Segala bencana yang terjadi, kemungkinan akibat letak dari wilayah indonesia sendiri, serta karena dampak yang ditimbulkan dari letak tersebut. Dengan berfikir begitu, membuat kita selalu berpendapat proaktif dalam menghadapi sesuatu. Dan tidak lagi berfikir bahwa itu semua terjadi karena nasib maupun hukuman dari Sang Maha Pencipta…

    Salam
    Yana ( Jakarta )

  9. danu berkata

    Q 5u tny?????
    1 apa dampak positif dan negatif dilihat dari letak goelogis INDONESIA
    2 penduduk indonesia tergolong tinggi,, apakah yg akan terjadi ap bla prtumbhan pendu2k indonesiatrs meningkat?????
    3 jlskan langkah2 intensifikasi pertaniaan????
    4 negara malaisia mrpkan bekas ja2han inggris,adakah pengaruh lemajuaan???
    5 pengiriman TKI ke malaisia bnyak menimbulkan mslah???ap faktor2nya,jelaskan….

    tolong dibalas secepatnya,ya soalnya bsk sabtu ini di kumpulkan
    terima kasih

  10. andromeda berkata

    mr. wahyuancol

    menarik kalo membahas posisi indonesia yang sebenarnya strategis. selainitu juga kekayaan pulaunya juga membuat kita kagum dg mlihat fotonya. tapi akan merengut kalau tau apa yang sebenarnya terjadi pada pulau2 itu,khsusnya pulau kecil, sekeder sharing aj, kira-kira, apa permasalahan utama pulau-pulau kecil itu?

    kalo bisa dikirimkan lewat email juga, ., thanks

    • wahyuancol berkata

      Berbicara tentang permasalah pulau-pulau kecil, tentu dalam kaitannya dengan kepentingan manusia; karena, kalau tanpa kepentingan manusia, maka pulau kecil itu merupakan salah satu fenomena geologis dan tidak ada masalah dengannya.

      Berkaitan dengan kepentingan manusia yang hidup di pulau-pulau kecil, yang menjadi masalah utama adalah keterbatasan sumberdaya alamnya. Sebagai contoh, karena pulaunya kecil, maka pasti lahannya pasti terbatas. Berkaitan dengan ukurannya yang kecil itu, maka sumberdaya air di pulau kecil pun pun juga terbatas. Dengan lahan yang terbatas, maka sebagal hal yang berkaitan dengan pemanfaatnya pun juga terbatas, baik untuk daerah pertanian, kawasan pemukiman , dan sebagainya yang membutuhkan lahan pasti terbatas.

      Mengenai keterbatas di pulau kecil, agar kita lebih dapat menghayatinya sebaiknya kita mengunjungi salah satu pulau kecil.

      Bila kita mengaitkannya dengan prediksi kenaikan muka laut global, maka persoalan keterbatasan itu akan makin mencekam. Mengenai hal ini, bisa kita hayati bila kita duduk di tepi pantai yang landai. Kita dapat menganalogikan kondisi kenaikan muka laut itu dengan kondisi ketika air laut pasang dari keadaan ketika air laut surut.

      Salam,
      Wahyu

  11. dayat d.tua berkata

    1.gempa bumi yg terjadi di provinsi jatengdan diy2006 termasuk jenis gempa apakah vulkanik,tektonik,runtuhan,terban
    2.letusan yg menimbulkan dan memuntahkan material padat dan cairdisebut=

    • wahyuancol berkata

      Sdr dayat/Hilmi,
      Maaf, saya tidak dapat menjawab pertanyaan dari dosen/guru anda yang menjadi tugas anda untuk menjawabnya selaku mahasiswa atau pelajar.
      Salam.

  12. [...] Kepulauan Indonesia [...]

  13. sylvi nabila friska berkata

    Terimakasih atas informasi nya …
    Tetapi saya minta tolong dampak positif indonesia yang diapit dua benua

    • wahyuancol berkata

      Sdr Sylvi, uraian tentang Kepuauan Indonesia tersebut membahas secara singkat dari berbagai aspek. Semua aspek tersebut memberikan aneka dampak. Adapun apakah dampak tersebut bersifat positif atau negatif saya kira tergantung dari sudut pandang kita.

      Salam,
      WBS

  14. ahmar berkata

    Saya minta izin untuk copy artikel ini ke blog saya, mohon izinya.. alamat sumber akan saya cantumkan. :)

  15. Iwan berkata

    Yang pasti ada nilai positf dan negatifnya,tinggal bagaimana kemampuan kita untuk memberdayakan alam yang ada,mengingat ada negara lain yang berada di zona ekstriem akan tetapi masyarakatnya mampu memberdayakan keterbatasan alam yang ada.

  16. Zakiya berkata

    tolong tuliskan penyebab posisi silang itu dan penyebab indonesia memiliki iklim tropis ..
    mkasihh..

    • wahyuancol berkata

      Sdr. Zakiya. Posisi silang Kepulauan Indonesia terjadi secara alamiah sebagai hasil dari pergerakan lempeng-lempeng kerak bumi. Kemudian, Indonesia memiliki iklim tropis karena berada di sekitar ekuator bumi.

      Salam,
      Wahyu

  17. tolong dibantu dong admin ,,
    apa dampak indonesia diapit 2 benua asia dan australia dari aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan hankam??
    makasi sblum nya ..

    • wahyuancol berkata

      Yth. Gusti Subawa Putra,
      Terima kasih atas kunjungannya.Tentang hal yang anda tanyakan itu saya rasa telah dibahas panjang lebar dahulu di zaman Orde Baru. Pada masa itu, mengenai hal itu sempat menjadi bahan kuliah, dan ada buku pelajaran yang ditulis khusus berjudul “Wawasan Nusantara”. Sekarang, ketika konstelasi politik dunia berubah dan kondisi politik di dalam negeri Indonesia juga berubah, maka mungkin perlu dipikirkan ulang mengenai konsep wawasan nusantara itu.
      Bila ingin mengetahui pemikiran tentang wawasan nusantara pada masa Orde Baru, rasanya anda bisa mencarinya di perpustakaan Nasional atau Daerah atau di perpustakaan berbagai perguruan tinggi. Untuk kondisi sekarang, mungkin bisa kita pikirkan bersama.

      Salam,
      Wahyu

  18. sehat rukmana samal berkata

    tolong diantu dong
    pengertian wilayah kepulauan?

  19. 1.hikmah tentang letak dan kondisi geologis kepulauan indonesia
    2. Rasa syukur terhadap kekayaan alam di ikepulauan ndonesia

  20. rifka aulia berkata

    apa hikmah tentang letak dan kondisi geologis kepulauan indonesia?
    dan dalam bentuk apa rasa syukur terhadap kekayaan di indonesia?

    • wahyuancol berkata

      Dari sudut pandang geologis, hikmah dari letak dan kondisi geologi berkaitan dengan kehadiran berbagai sumberdaya alam dan fenomena yang berkaitan dengan kondisi geologis tersebut.
      Salah satu bentuk rasa syuker atas kondisi tersebut adalah dengan memanfaatkannya secara bertanggungjawab atau tidak merusak kondisi lingkungan, dan menjadikannya sebagai bahan pelajaran. Salah satu contohnya, kehadiran Gunungapi Merapi di Jawa bagian tengah dapat dimanfaatkan untuk mempelajari volkanologi dan ilmui-ilmu yang berkaitan dengannya.

      Salam,
      WBS

  21. aulia berkata

    tolong bantu saya
    rasa syukur terhadap kekayaan indonesia hubungannya dengan Sejarah apa?

    • wahyuancol berkata

      Sdr Aulia, salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap kekayaan (alam) adalah dengan memanfaatkannya secara bertanggungjawab. Artinya memanfaatkan dengan tidak menimbulkan kerusakan terhadap sumber kekayaan (alam) maupun lingkungan sekitarnya. Terkait dengan sejarah, perlu dipahami mengapa di masa lalu dan sampai sekarang bangsa asing datang ke Indonesia. Di masa lalu bangsa asing (Eropa) datang ke Indonesia untuk berdagang karena Indonesia kaya akan hasil bumi yang mereka butuhkan. Di masa sekarang juga demikian, bangsa asing datang ke Indonesia menanamkan modalnya di Indonesia dengan memanfaatkan kekayaan Indonesia. Keadaan tersebut memberikan gambaran betapa besarnya nilai (sangat berharganya) kekayaan alam Indonesia. Jadi, dari sejarah masalalu kita mengetahui bahwa kita memiliki kekayaan alam yang sangat berharga. Pengetahuan itu seyogyanya mendorong kita untuk memanfaatkannnya secara bertanggungjawab.

      Salam,
      WBS

  22. aulia berkata

    terima kasih :)

  23. agus berkata

    saya mau tanya
    perbedaan pra aksara dengan pra sejarah ?
    makasih

    • wahyuancol berkata

      Yth. Sdr. Agus,

      Prasejarah artinya masa sebelum sejarah manusia ditulis. Batasnya, saya tidak tahu persis, tetapi rasanya sulit menetapkan batasnya karena kita juga tidak tahu persis kapan manusia moderen ada secara pasti.

      Kalau Praaksara, berdasarkan arti katanya, sebelum manusia bisa menulis dengan huruf. Kembali ini sulit disebutkan kapan batasnya karena untuk bisa menyebut batasnya kita harus tahu pasti kapan manusia mulai menulis dengan huruf.

      Menurut saya, sebaiknya mengenai hal ini anda tanyakan juga kepada para ahli arkeologi.

      Salam,
      Wahyu

  24. rachualline berkata

    Bagus sih… Semoga bermanfaat buat pembaca

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: