Kepulauan Indonesia

Cerita dari, untuk dan tentang Kepulauan Indonesia beserta Penghuni dan Penduduknya

Kawasan Zoogeografi (Wallace, 1876)

Posted by wahyuancol pada Oktober31, 2011

Zoogeografi adalah ilmu tentang penyebaran hewan hidup di Bumi (di darat maupun di laut), dan pendahulunya (dalam ruang dan waktu). Ilmu ini adalah cabang dari ilmu zoologi, dan berkaitan dengan geografi dan geologi.

Fakta sekarang adalah bahwa tempat yang berbeda di permukaan bumi (di daratan) dihuni oleh hewan yang berbeda atau oleh fauna yang berbeda. Perbedaan itu bukan karena perbedaan temperatur atau iklim, dan bukan karena jarak antara satu tempat dengan tempat lain. Sebagai contoh antara Pulau Bali dan Pulau Lombok yang berjarak 20 mil. Di antara kedua pulau itu diletakkan garis batas karena dihuni oleh falimi mammalia dan burung yang berbeda.  Untuk memahami dan menjelaskan penyebaran hewan darat hidup sekarang perlu memperhitungkan pendapat ilmu geologi yang mengajarkan bahwa telah terjadi perubahan konfigurasi massa daratan di Bumi yang ditunjukkan oleh sisa-sisa fosil hewan.

Untuk memahami fakta tentang distribusi fauna sekarang penting dilakukan studi tentang fosil. Meskipun demikian, dengan mempelajari fauna-fauna yang ada juga dapat dipetakan kawasan zoogeografi.

Pioner penelitian zoogeografi adalah Dr. P.L. Sclater. Ia menulis tentang distribusi geografi burung yang dipublikasikan di dalam Journal of Linnean Society of London tahun 1858. Ia memetakan dan memberi nama enam kawasan zoologi. Dua tahun kemudian Dr. A. Russel Wallace di dalam jurnal yang sama mendiskusikan denga lebih mendetil tentang penyebaran hewan di Malay Archipelago dan Australasia. Kemudian tahun 1876 muncul makalahnya “Geographical Distribution of Animals”, yang pertama kali meletakkan studi distribusi geografi hewan secara umum dan menyeluruh dan atas dasar ilmiah. Dengan sedikit melakukan modifikasi, nama-nama enam kawasan zoologi dari Dr. Sclater diadopsi oler Dr. Wallace yang mempergunakan mammalia sebagai dasar.

Enam kawasan zoogeografi menurut Dr. A.R. Wallace tahun 1876 adalah (Gambar):

  1. Palaearctic: meliputi kawasan Eropa sampai Eslandia, Afrika bagian utara tropik Cancer, kawasan utara Jazirah Arabia, Persia, Indus, China bagian utara sampai Jepang.
  2. Ethiopian: meliputi kawasan Afrika sebelah selatan tropik Cancer, Jazirah Arab bagian selatan, Madagaskar dan pulau-pulau disekitarnya.
  3. Oriental atau Indo-Malay: meliputi kawasan India, Sri Lanka, Indo-China, China bagian selatan, Malay-Archipelago yang mencakup Filipina, Kalimantan dan Jawa. Kawasan ini dibedakan lagi menjadi empat kawasan yang lebih kecil, yaitu: Indo-Malay, Indo-China, India, dan Sri Lanka (Gambar)
  4. Australasia: meliputi kawasan Malay-Archipelago bagian timur, Australia, Selandia Baru, dan pulau-pulau tropis di Pasifik.
  5. Neotropical: meliputi kawasan Amerika Selatan dan pulau-pulau disekitarnya, Hindia Barat atau Antiles, Amerika tengah, dan Meksiko.
  6. Neartic: meliputi kawasan Amerika Utara dan Greenland.

Batas-batas kawasan zoogeografi tidak dapat ditentukan secara tepat, karena distribusi geografi suatu kelompok hewan tidak sama dengan distribusi kelompok hewan yang lainnya. Salah satu contohnya adalah Garis Wallace yang telah digeser beberapa kali posisinya, dan juga beberapa peneliti meletakkan batas antara kawasan Oriental dan Australasia di tempat yang berbeda (Gambar).

Dengan makin berkembangnya kegiatan penelitian, maka perubahan-perubahan pun dilakukan. Peta zoogeografi sekarang tentu berbeda dari peta zoogeografi yang pertama kali dipublikasikan oleh Dr. Wallace.

Semoga bermanfaat.

Salam,

WBS

Sumber:

Zoological Distribution (http://www.scricciolo.com/zoological_distribution.htm),

Zoogeographic Province (http://www.radford.edu/~swoodwar/CLASSES/GEOG235/zoogeog/zooreg.html)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: