Kepulauan Indonesia

Cerita dari, untuk dan tentang Kepulauan Indonesia beserta Penghuni dan Penduduknya

Erupsi Merapi 2010 3 (Siklus erupsi Merapi 10 hari?)

Posted by wahyuancol pada November9, 2010

Mekanisme Erupsi

Erupsi gunungapi adalah proses keluarnya magma dari dalam bumi. Ketika magma bergerak naik, banyak gas dilepaskan, dan tekanan gas itulah yang menimbulkan semburan material volkanik.

Gas yang dilepaskan oleh magma yang naik itu tidak serta merta bisa keluar. Adanya material volkanik di kawah mencegah gas yang lepas dari magma untuk bisa segera keluar. Agar gas dapat keluar, diperlukan adanya tekanan yang cukup. Bila tekanan gas sudah mencapai tahap cukup kuat untuk mendobrak sumbat yang ada di kawah, maka gas akan keluar dengan tekanan yang tinggi. Proses keluanya gas itu kadang disertai dentuman, sehingga kita kadang kita dapat mendengar suara dentuman bersamaan dengan terjadinya semburan material volkanik.

Proses meningkatnya tekanan  gas itu membuthkan waktu. Jebolnya sumbat kawah oleh tekanan gas tergantung oleh laju produksi gas dari magma yang meningkatkan tekanan gas, dan kekuatan sumbat kawah menahan tekanan gas. Makin kuat sumbat kawah, maka makin besar kemungkinan terjadinya erupsi letusan yang kuat.

Siklus Erupsi

Dalam periode erupsi Gunung Merapi di akhir tahun 2010 ini, erupsi pertama yang kuat terjadi pada tanggal 26 Oktober 2010. Setelah itu kondisi mereda dan hanya ada erupsi yang kecil-kecil. Kemudian terjadi lagi erupsi yang kuat, bahkan lebih kuat, pada tanggal 5 Nopember 2010. Setelah itu, keadaan kembali relatif mereda sampai hari ini. Hanya ada beberapa erupsi yang kecil.

Pertanyaannya adalah: “Apakah itu menandakan erupsi Merapi sudah mulai mereda?”.

Pertanyaan ini belum dapat dijawab secara langsung. Kita perlu memperhatikan kemungkinan siklus erupsi Gunung Merapi.

Dari data yang ada, antara erupsi pertama tanggal 26 Oktober 2010 sampai 5 Nopember 2010 berjarak sekitar 9 hari. Di hari ke sepuluh erupsi terjadi. Apabila kita berasumsi bahwa waktu yang diperlukan untuk satu periode erupsi (waktu untuk mengumpulkan tekanan gas) adalah 10 hari, maka kita bisa memperhitungkan bahwa erupsi selanjutnya akan terjadi nanti di sekitar tanggal 15 Nopember 2010.

Bila nanti pada tanggal 15 Oktober 2010 terjadi erupsi, maka berarti erupsi Merapi masih terus perlanjut, Merapi belum memasuki periode penurunan intensitas erupsi.

Sebaliknya, bila nanti pada tanggal 15 Oktober 2010 tidak terjadi erupsi, maka kita bisa berharap bahwa Merapi sudah mulai memasuki periode penurunan intensitas erupsi.

Prediksi ini hanya prediksi berdasarkan perhitungan matematis sederhana. Harapannya adalah prediksi dapat memberikan gambaran sederhana tentang perkembangan kondisi erupsi Merapi.

Kita tentu berharap bahwa erupsi Merapi sudah memasuki periode penurunan intensitas erupsi.

Salam,

WBS

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: