Kepulauan Indonesia

Cerita dari, untuk dan tentang Kepulauan Indonesia beserta Penghuni dan Penduduknya

Angin Barat 1: Bencana Alam di Musim Angin Barat di Indonesia

Posted by wahyuancol pada November18, 2009

Sekarang bulan Nopember 2009, angin barat mulai bertiup dan hujan yang intensif sudah dimulai sejak minggu yang lalu. Musim Angin Barat atau Musim Hujan telah dimulai. Perlu dicatat bahwa musim ini dapat berlangsung sampai bulan Maret. Di awal musim ini saya mencoba menguraikan bencana alam apa saja yang mungkin terjadi.

Bencana terkait Curah Hujuan Tinggi

Bencana alam yang dapat terjadi berkaitan dengan kondisi curah hujan yang tinggi adalah:

  1. Banjir. Daerah-daerah yang sudah biasa mengalami banjir di musim hujan seyogyanya agar mulai berwaspada menghadapi keatangan banjir ini. Meskipun demikian, kawasan-kawasan yang dalam kegiatan pembangunan menyebabkan perubahan drainase perlu juga waspada. Terkait masalah banjir ini, prediksi curah hujan dari BMKG penting untuk dicermati. Pada tingkat nasional atau daerah, seyogyanya instansi yang bertanggungjawab menangani masalah bencana alam memiliki peta daerah banjir untuk seluruh kawasan di Indonesia dan mengatahui kapan biasanya banjir itu terjadi di kawasan-kawasan yang dipetakan itu.
  2. Tanah longsor atau gerakan tanah. Bencana ini selain berkaitan dengan curah hujan yang tinggi juga berkaitan dengan kondisi geologi atau geomorfologi suatu kawasan. Daerah-daerah yang sudah dikenal sebagai daerah yang rawan terhadap bencana alam ini sudah harus berwaspada. Selain itu, daerah-daerah yang berlereng terjal lain juga perlu berwaspada. Beberapa waktu yang lalu di kawasan Kepulauan Indonesia sering terjadi gempa bumi. Gempa bumi bila terjadi di musim hujan dapat memicu terjadinya tanah longsor di kawasan yang rawan bencana tanah longsor. Penduduk yang berada di daerah yang telah dipetakan sebagai daerah rawan bencana longsor perlu berwaspada. Pada tingkat nasional atau daerah, instansi yang terkait seyogyanya telah memiliki peta daerah rawan bencana ini, dan sekarang berwaspada. Tentang bencana ini patut diingat bahwa skalanya bisa besar beberapa hektar luas areal yang longsor, tetapi bisa pula hanya kecil seperti tebing atau lereng curan di tepi jalan atau di belakang rumah.
  3. Banjir pasang surut. Curah hujan yang tinggi di musim hujan ini atau kondisi banjir yang terjadi karena curah hujan yang tinggi dapat memperparah atau memperluas daerah-daerah yang terpengaruh oleh banjir pasang surut. Daerah-daerah yang menjadi langganan banjir ini dan daerah yang berbatasan dengannhnya perlu berwaspada. Institusi di tingkat daerah seyogyanya memiliki peta daerah rawan bencana ini.
  4. Erosi dan Banjir Bandang. Erosi akan meningkat di musim hujan ini, terutama di daerah perbukitan atau pegunungan. Daerah-daerah berbukitan atau pegunungan yang ada kegiatan pembukaan hutan atau lahan di dalamnya perlu berwaspada. Erosi yang terjadi di daerah-daerah tersebut dapat memicu terjadinya banjir bandang. Kemudian, erosi dapat terjadi di tebing-tebing sungai karena meningkatnya debit aliran sungai.

Bencana terkait Angin Kencang

Bencana alam yang dapat terjadi berkaitan dengan tiupan angin musim barat adalah:

  1. Gelombang tinggi. Daerah-daerah atau segmen-segmen pantai yang terbuka dari arah barat atau dari arah datangnya angin perlu berwaspada. Tiupan angin yang kencang dapat menimbulkan gelombang tinggi, apalagi bila terjadi bersamaan waktunya dengan kondisi laut yang sedang pasang.
  2. Erosi pantai. Erosi pantai berkaitan dengan kondisi gelombang, dengan demikian erosi pantai terjadi musiman. Segmen-segmen pantai yang terbuka dari arah barat perlu waspada terhadap erosi pantai karena sekarang ini adalah saatnya erosi itu terjadi.
  3. Angin puting beliung. Angin ini adalah angin lokal yang bersifat merusak. Di daerah-daerah tertentu karena kondisi lingkungannya bisa terbentuk angin-angin lokal yang terjadi pada musim-musim tertentu.

Di perairan, kawasan-kawasan yang kuat terpengaruh oleh angin musim barat ini agar diwaspada, terutama bila kita melintasinya. Prediksi angin dari BMKG perlu dicermati. Daerah-daerah yang secara umum terpengaruh adalah kawasan pantai barat Sumatera, kawasan Selat Karimata, kawasan Laut Jawa dan kawasan Selat Sunda.

Demikian gambaran bencana yang mungkin terjadi berkaitan dengan masuknya musim angin barat atau musim hujan.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Wahyu

About these ads

8 Tanggapan to “Angin Barat 1: Bencana Alam di Musim Angin Barat di Indonesia”

  1. richocean berkata

    baru tau banjir macem2 namanya …
    wah BMKG sibuk juga, ya gempa, ya banjir, ya angin ….

    tetap waspada …

    izin numpang sharing
    jika berkenan, silahkan ke blog saya terkait
    Gempa 5.6SR Pagi 09:17 WIB TasikMalaya, Jawa Barat
    atau blog saya lainnya
    Richmountain

    salam …

    • wahyuancol berkata

      Terima kasih Pak Didik telah berkunjung. Dan, silahkan disharing.
      Saya telah berkunjung ke blog Bapak. Dalam kondisi musim hujan seperti sekarang ini, guncangan gempa menambah besar kemungkinan terjadinya longsor di daerah yang rawan longsor.

      Salam,
      Wahyu

  2. penuai berkata

    waspadalah….waspadalahhhhh
    Blognya mantab bro….

  3. Pasang Iklan berkata

    Waspada Banjir…
    walaupun musim hujan belum begitu signifikan.
    namun kita harus waspada akan datangnya banjir.
    apalagi bagi kita yang tinggal disekitar wilayah yang langganan banjir.

    curah hujan memang belum meningkat.
    tetapi kita harus dari sekarang untuk tetap waspada menghadapi banjir.

    mungkin banjir sudah menjadi langganan bagi tiap2 daerah tertentu.
    dimana banjir ini diakibatkan oleh kita sendiri, yang masih saja membuang sampah sembarangan dan juga tidak menjaga lingkungan kita.

    marilah kita jaga lingkungan serta alam kita ini.
    agar dampak positif yang akan menghampiri kita.

  4. yoga cupu berkata

    aslmkm… pak saya mahasiswa Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogogr. saya ingin meneliti tentang masalah dampak perubahan iklim terhadap ketinggian banjir pasang dan kerugian ekonomi yg ditimbulkannya…
    studi kasus di muara angke..
    gmn pak…???
    saya bisa minta sarannya gak…??
    tolong, hubungi saya y pak,ke email nurman_bonit007@yahoo.co.id

  5. nurman berkata

    aslmkm. Pak, saya mahsiswa Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogor. Saya ingin meneliti tentang dampak Perubahan iklim terhadap ketinggian banjir pasang dan kerugian ekonomi yang ditimbulkannya…. studi kasu muara angke….
    Mohon sarnnya pak….??
    saya harus menghubungi siapa..??
    hubungi saya ya pak di email nurman_bonit007@yahoo.co.id
    terima kasih ya pak….

  6. Isti N berkata

    Salah satu ciri dari negara terbelakang dan pemerintahnya buruk adalah kalau musim kemarau terjadi kekeringan yg hebat dan kalau musim penghujan terjadi banjir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: