Kepulauan Indonesia

Cerita dari, untuk dan tentang Kepulauan Indonesia beserta Penghuni dan Penduduknya

SB: Sistem Bumi dan Bulan

Posted by wahyuancol pada Desember10, 2008

Bumi dikelilingi oleh Bulan dengan orbit yang ellips. Pada titik terdekat, yang disebut perigee, jarak Bulan adalah 384.000 km, sedang pada jarak terjauh, yang disebut apogee, adalah 406.700 km. Fakta yang lain adalah bidang orbit Bulan menyudut sebesar 5o 9” terhadap orbit Bumi.

Efek utama dari adanya Bulan yang mengelilingi Bumi adalah terjadinya pasang surut muka laut. Pasang surut terjadi sebagai efek dari gaya gravitasi dan sentrifugal dari Bulan yang mengelilingi Bumi (Gambar 11). Efek dari kedua gaya tersebut adalah terjadinya pasang pada bagian Bumi yang menghadap ke Bulan dan pada bagian Bumi yang membelakangi Bulan.

0090-pasang-surut-sml

Gambar 11. Distribusi gaya penyebab pasang surut di Bumi. Sumber: Duxbury et al. (2002). Pada separuh bagian Bumi yang menghadap ke arah Bulan terbentuk gaya yang mengarah ke Bulan karena gaya gravitasi Bulan.Sebaliknya, pada arah yang berlawanan terbentuk gaya yang berlawanan arah karena gaya sentrifugal.

Gerak revolusi Bulan mengelilingi Bumi menyebabkan posisi pasang surut berubah setiap waktu. Terdapat perbedaan waktu antara hari matahari (solar day) dan hari bulan (luinar day). Satu hari matahari adalah 24 jam, 0 menit dan 0 detik. Satu hari bulan adalah 24 jam dan 50,47 menit. Perbedaan waktu tersebut menyebabkan waktu pasang tertinggi dan waktu surut terrendah setiap hari bergeser 50,47 menit. Pergeseran ini dikenal sebagai variasi pasang surut harian.

Sementara itu, deklinasi Bulan menyebabkan posisi puncak pasang surut tidak terjadi pada posisi lintang yang sama (Gambar 12). Deklinasi Bulan berubah setiap  setiap hari, oleh karena itu posisi puncak pasang surut pun juga berubah setiap  setiap hari.

0091-efek-deklinasi-bulan-sml

Gambar 12. Pengaruh deklinasi Bulan yang menyebabkan posisi puncak pasang surut yang berbeda setiap hari. Sumber: Duxbury et al. (2002).

Matahari juga mempengaruhi pasang surut laut, tetapi pengaruh Bulan terhadap pasang surut lebih besar dari pada pengaruh Matahari, karena jarak Bulan ke Bumi lebih dekat daripada jarak Matahari ke Bumi. Konfigurasi posisi Bumi, Bulan dan Matahari mempengaruhi ketinggian muka laut pada saat pasang surut (Gambar 13).

0092-efek-posisi-bulan-sml

Gambar 13. Pengaruh posisi Bulan dan Matahari terhadap pasang surut di Bumi. Posisi Bumi, Bulan dan Matahari yang berbeda menyebabkan perbedaan ketinggian pasang surut pada saat posisi konfigurasi tertentu. Sumber: Duxbury et al. (2002).

Setiap bulan, pasang surut tertinggi terjadi pada saat bulan mati dan bulan purnama. Setiap tahun, pasang surut tertinggi terjadi bila Bumi, Bulan dan Matahari berada pada posisi yang membentuk garus lurus.

Kembali Terus

About these ads

8 Tanggapan to “SB: Sistem Bumi dan Bulan”

  1. anastasia said

    mau tanya pak …
    pada saat matahari bulan bumi membentuk garis lurus,,
    yang kena pasang tinggi di daerah mana?
    dan kalau matahari bumi bulan membentuk sudut 90 derajat,,
    yang kena pasang rendah di daerah mana?
    saya bingung pak …
    di buku tidak ada ..
    kan sebentar lagi mau ujian …..

    • wahyuancol said

      Yth. Anastasia,
      Yang dominan mempengaruhi pasang surut adalah posisi bulan. Karena itu, untuk mengetahui kawasan di Bumi yang terkena pasang, kita harus melihat posisi Bulan. Pasang terjadi di daerah yang menghadap ke bulan atau sebaliknya.
      Pada posisi matahari-bulan-bumi berada pada posisi garis lurus, maka pasang tinggi terjadi di daerah yang berhadapan ke bulan dan sebaliknya, yaitu di bagian permukaan bumi yang membentuk posisi tegak lurus terhadap garis lurus itu.

      Pada posisi matahari bumi bulan membentuk sudut 90 derajat, maka pasang rendah terjadi di daerah yang berhadapan dengan bulan dan sebaliknya, yaitu pada bagian permukaan bumi yang membentuk posisi tegak lurus dengan garis yang mengarah ke bulan dan sebaliknya.

      Semoga bermanfaat.

      Salam,
      Wahyu

  2. hendry said

    pak saya mau tanya begini:apabila jarak bumi-bulan menjadi dua kali lipat,maka gaya gravitasi antara keduanya akan menjadi?tolong dijawab pak trims

    • wahyuancol said

      Yth. Hendry, untuk menjawab pertanyaan itu, saya hanya memberikan rumusnya ya! Silahkan dihitung sendiri.

      Fg = (GM1M2)/(R kuadrat)
      Fg = gaya gravitasi
      G = konstanta gravitasi universal
      M1 = massa benda 1
      M2 = massa benda 2
      R = antara dua pusat benda.

      Salam,
      Wahyu

  3. pratini said

    Pak, mungkinkah setiap tahun terjadi pasang purnama dan pasang perbani?
    atau kedua pasang tersebut hanya terjadi di waktu2 tertentu?

    Terima kasih

    • wahyuancol said

      Yth. Sdr. Pratini.

      Pasang purnama terjadi ketika bulan purnama sedang pasang perbani terjadi ketika bulan mati atau bulan baru. Oleh karena itu, kedua pasang itu dapat terjadi setiap bulan ketika bulan purnama dan bulan baru.

      Salam,
      Wahyu

  4. Ucha said

    salam . . . yang sya bingung itu penentuan jamnya, misalnya contoh kecil klo sekitar jam 12.00 nti air di laut posisi pasang atau surut ? tolong d jelaskan sedeail mungkin y pak ! (tlong d EMAIL langsung aja pak di wedieuch@gamil.com) terima kasih banyak sbelumnya ! gd luck

    • wahyuancol said

      Yth. Saudara UCha,

      Untuk dapat memahami pasang surut dengan lebih baik, anda dapat mengunjungi alamat ini, http://www.pasanglaut.com.
      Di dalam situs tersebut anda dapat melihat bagaimana perubahan pasang surut secara visual dari suatu kawasan.Anda bisa memilih kawasan mana yang ingin nda lihat.

      Salam,
      WBS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: